Seberapa Pentingkah Panggilan Adzan Bagimu……???

Bagi umat Islam kata “adzan” tentu tak asing lagi di telinga. Lima kali dalam sehari adzan akan selalu berkumandang hingga nanti berakhirnya kehidupan dunia. Bahkan sejak beberapa waktu lalu, banyak ditemukan tulisan ataupun video tentang fenomena keajaiban adzan. Bukankah itu sangat menakjubkan…? Subhanallah..

Seberapa pentingkah panggilan adzan bagimu…??

Sebuah pertanyaan simpel yang saya ajukan ini mungkin dianggap tiada berguna, tapi mari coba sejenak kita renungkan

Adzan adalah rangkaian beberapa kalimat yang menyeru kita untuk mengerjakan sholat pada waktunya. Bolehlaaahh..ketika saya menyebut adzan dengan istilah “Panggilan dari Syurga”. Kenapa?

Dalam sebuah hadist disebutkan :

Yang pertama-tama dipertanyakan (diperhitungkan) terhadap seorang hamba pada hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang shalatnya. Apabila shalatnya baik maka dia beruntung dan sukses dan apabila shalatnya buruk maka dia kecewa dan merugi. (HR. An-Nasaa’i dan Tirmidzi)

Adzan saya identikkan dengan panggilan dari syurga, karena ketika kita segera memenuhi panggilan itu tentu saja imbalan berupa syurga akan menanti kita. Insya Allah, jika jika kita melakukannya dengan niat yang ikhlas dan cara yang benar.

Adzan memang dikumandangkan oleh muadzin yang notabene dia adalah seorang manusia. Tapi sejatinya itu adalah panggilan langsung dari Allah Ta’ala, panggilan dari syurgaNya.

Ada adabnya ketika kita mendengarkan adzan, ada doanya pula yang kita baca setelah selesai adzan. Saya yakin anda semua sudah mengetahuinya.

Saya teringat ketika dulu diceritakan oleh seseorang, bahwa di negara Arab sana pada hari Jum’at, toko, pasar dan semua aktivitas  manusia akan dihentikan untuk memenuhi panggilan Allah, bersegera mengerjakan sholat Jumat berjamaah di masjid.

Nahh,, lalu bagaimana denga kita??

Saya begitu heran dengan hal-hal yang terjadi di sekitar kita saat ini. Sekumpulan orang yang sedang beraktivitas bersama, kemudian mendengar kumandang adzan, mereka akan diam sejenak. Prasangka baik saya mereka sedang mendengar adzan, menjawab adzan dan berdoa setelah adzan. Tetapi setelah adzan selesai, aktivitas akan lnjuuuutt kembali…

Diamnya kita ketika sedang mendengar adzan, menghormati adzan, sejatinya tidak hanya berhenti sampai disitu. Diamnya kita dan berhentinya kita dari segala aktivitas ketika adzan berkumandang adalah agar kita bersegera memenuhi panggilan itu, yaaa…benar… untuk sholat!

Bukankah kita ingat akan keutamaan untuk mengerjakan sholat tepat pada watunya dan tidak menunda-nudanya..???

Wallahu ‘alam bisshowab

Semoga diri saya dan kita semua termasuk orang-orang yang bisa menyegerakan diri untuk memenuhi panggilan Allah (adzan) sebelum Allah memanggil kita dengan panggilanNya yang lain, panggilan menuju kehadiratNya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s